Makan Ikan Secara Rutin Dipercaya Dapat Menurunkan Kolesterol

Makan Ikan Secara Rutin Dipercaya Dapat Menurunkan Kolesterol
Makan Ikan Secara Rutin Dipercaya Dapat Menurunkan Kolesterol

Ikan adalah sumber protein yang bagus untuk kesehatan tubuh, terutama karena mengandung asam lemak, omega-3, DHA, dan EPA. Selain kaya protein, ikan juga mengandung sedikit lemak jenuh, vitamin D, kalsium, yodium, dan banyak nutrisi penting lainnya.

Para ahli menyatakan bahwa mengonsumsi ikan secara rutin merupakan salah satu metode terbaik untuk menurunkan kolesterol. Beberapa jenis ikan bahkan diketahui memiliki lemak yang justru baik.

Dikutip dari PMJ News, Senin (10/10/2022), berikut adalah lima jenis ikan yang baik untuk dikonsumsi oleh orang dengan kolesterol tinggi:

{tocify} $title={Daftar Isi}

Salmon

Salmon mengandung vitamin A, kompleks vitamin B, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. Vitamin E dalam salmon baik untuk jantung dan menjaga kesehatan kulit. Asam lemak omega-3 dalam salmon dapat mencegah penyakit kardiovaskular terkait kolesterol tinggi.

Makarel

Makarel memiliki kandungan gizi yang kompleks dalam 100 gram, seperti: air 65,73 gram, kalori 189 kkal, protein 19,08 gram, dan lemak 11,91 gram. Makarel juga kaya akan asam lemak omega-3 yang membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi gejala depresi. Penelitian dalam jurnal Atherosclerosis menunjukkan bahwa mengonsumsi tiga kaleng makarel setiap hari selama delapan bulan dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan pada 12 peserta dengan hipertensi.

Herring

Meskipun nama Herring mungkin kurang populer di Indonesia, ikan ini memiliki kandungan gizi yang tinggi dan aman untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol. Minyak ikan yang berasal dari asam lemak omega-3 melindungi jantung dari kerusakan sel. Omega-3 dalam Herring membantu menurunkan kadar trigliserida tinggi, yang jika berlebihan dapat meningkatkan kolesterol jahat.

Tuna

Omega-3 dalam tuna mencapai 11,1 gram per 100 gram, sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Nila

Ikan air tawar ini mungkin tidak menurunkan kadar kolesterol, tetapi aman untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol. Nila mengandung kompleks vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K, serta asam lemak omega-3 yang membantu menjaga kadar kolesterol tubuh. Selain itu, nila membantu otot merespon insulin dengan lebih baik, sehingga baik untuk penderita diabetes karena kandungan protein yang tinggi.

Post a Comment

Previous Post Next Post