Minum Kopi dengan Perut Kosong Berisiko Bahaya

Minum Kopi dengan Perut Kosong Berisiko Bahaya
Minum Kopi dengan Perut Kosong Berisiko Bahaya

Meski sering dijadikan rutinitas pagi hari untuk meningkatkan suasana hati, minum kopi saat perut kosong ternyata memiliki lebih banyak bahaya daripada manfaatnya. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa minum kopi di pagi hari dalam kondisi perut kosong dapat menyebabkan gangguan pencernaan, ketidakseimbangan gula darah, dan peningkatan tingkat stres.

Dilansir dari Hindustan Times, pagi hari merupakan waktu terburuk untuk minum kopi karena kadar kortisol (hormon stres) pada saat itu sudah tinggi. Minum kopi justru akan menambah tingkat hormon stres ini, yang bisa menyebabkan perubahan suasana hati dan kecemasan.

Berikut lima alasan mengapa minum kopi saat perut kosong berbahaya:

{tocify} $title={Daftar Isi}

Berpotensi Menimbulkan Kembung

Kopi bisa merangsang produksi asam lambung, yang berdampak negatif pada sistem pencernaan. Hal ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan, kembung, mual, dan lainnya.

Memicu Peningkatan Hormon Stres

Kopi merangsang produksi kortisol, hormon yang membantu mengatur energi dan membuat seseorang merasa lebih waspada. Minum kopi saat perut kosong bisa meningkatkan hormon stres ini.

Gangguan Kontrol Gula Darah

Kontrol gula darah terganggu ketika kopi menjadi bahan pertama yang masuk ke tubuh saat perut kosong.

Perubahan Suasana Hati

Minum kopi dengan perut kosong bisa membuat seseorang merasa gelisah, gemetar, dan mengalami efek penarikan lainnya, termasuk perubahan suasana hati.

Menyebabkan Inflamasi

Kopi merupakan kontributor penting dalam meningkatkan stres oksidatif dan peradangan di dalam tubuh. Kelelahan, masalah kulit, diabetes, dan kondisi autoimun adalah beberapa kondisi yang terkait dengan peradangan.

Sebagai alternatif, pertimbangkan untuk minum kopi setelah sarapan atau mengonsumsi minuman lain yang lebih ramah bagi perut kosong.

Post a Comment

Previous Post Next Post