Mengenal Cold Brew Coffee, Cara Baru Menikmati Kopi Dingin Jadi Lebih Nikmat

Cold Brew Coffee atau kopi yang diseduh dingin adalah salah satu cara penyajian baru kopi yang beberapa waktu belakangan cukup populer.

Metode ini memproses bubuk kopi dengan cara direndam menggunakan air suhu ruang yang kemudian dibiarkan dalam periode waktu tertentu, biasanya berkisar dari 12 - 18 jam atau bahkan lebih lama.

Ampas kopi akan disaring dan air seduhan kopi ini disimpan dalam lemari pendingin sebelum disajikan. Terkadang dapat juga disajikan dengan es batu maupun tambahan susu. Penambahan air juga bisa dilakukan untuk mendapatkan cita rasa yang lebih ringan.

Foto: Getty Images


Proses ini mengekstrak rasa juga kafein dari kopi dan menghasilkan seduhan kopi yang kaya, beraroma, dan menggugah selera untuk mereka pecinta kopi. Seperti kopi konvensional, kopi seduh dingin ini juga nikmat disajikan bersama susu, krim, dengan atau tanpa gula bisa disesuaikan dengan selera.

Cold brew coffee memiliki cita rasa yang lebih halus dan lebih lembut serta tingkat keasaman yang berkurang dibandingkan dengan kopi yang diseduh air panas. Ini karena air dingin tidak membawa perubahan kimia yang menghasilkan keasaman serta rasa pahit seperti pada kopi yang diseduh dengan air panas. Cold brew coffee bisa dibilang teknik baru penyajian kopi dingin jadi lebih nikmat.

Berbeda dengan es kopi standar di mana rasanya akan menurun setelah ditambah dengan es batu. Bagi pecinta kopi sejati menjadi alternatif baru menikmati kopi dengan dingin tanpa mengurangi profil cita rasa kopi yang sebenarnya. Bahkan kopi ini juga nikmat tanpa diberi tambahan gula maupun krim.

Cara Membuat Cold Brew Coffee

Untuk membuat cold brew coffee tidaklah sulit yang dibutuhkan adalah kopi bubuk favorit kemudian air dingin atau suhu ruang sebaiknya yang sudah difilter. Kemudian seduh bubuk kopi dengan air sesuai dengan perbandingan tertentu di mana sangat bervariasi, sesuai dengan selera dan bagaimana cold brew coffee ini akan disajikan.

Rasio umum air dan kopi berkisar antara 4:1 hingga 10:1. Kemudian biarkan seduhan kopi disimpan dalam wadah tertutup dan didiamkan selama antara 12 hingga 18 jam, meskipun ini juga akan bervariasi berdasarkan selera pribadi. Kemudian sari kopi, simpan dalam lemari pendingin dan siap untuk disajikan. Kamu juga bisa menambahkan dengan krim, susu atau gula, cold brew coffee siap disajikan.

Sumber: yukmakan.com

Post a Comment

Previous Post Next Post